Dunia Kampus | kemendikbud

Apa itu Kedaireka, PDDIKTI, PIN, SIVIL, SISTER, Feeder, Ban-PT dan Istilah-Istilah Di Kemendikbud

SEVIMA.COM – Kemendikbud telah meluncurkan beberapa platform atau aplikasi yang berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Namun terkadang beberapa dosen atau civitas kampus belum mengetahui pengertian maupun fungsi dari platform tersebut.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa daftar Singkatan-singkatan program atau platform maupun aplikasi di bawah Kemendikbud untuk perguruan tinggi seperti istilah PDDikti, Sapto Kedaireka dll.

Daftar Istilah-istilah Program di Kemendikbud 

1. Kemdikbud/Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (disingkat: Kemendikbud atau Kemdikbud) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan masyarakat, serta pengelolaan kebudayaan.

2. Kedaireka Kemendikbud

Kedaireka adalah platform solusi terkini dalam mewujudkan kemudahan sinergi kontribusi perguruan tinggi dengan komersialisasi industri untuk kemajuan bangsa Indonesia, yang sejalan dengan visi Kampus Merdeka Kemendikbud RI.

Kedai Reka merupakan akronim Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta. Reka cipta merupakan sebuah upaya revitalisasi dan aktualisasi terhadap sebuah karya, agar kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh semua elemen secara efisien dan efektif.

Baca juga : Cara Membuat Proposal untuk Program Matching Fund 2021

3. PIN Kemendikbud

PIN adalah akronim dari Penomoran Ijazah Nasional, yaitu proses penomoran ijazah dengan menggunakan aplikasi untuk menghasilkan nomor ijazah yang diterbitkan oleh dikti dan berlaku secara nasional.

4. SIVIL Kemendikbud

Sivil adalah kepanjangan dari Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik, Sistem ini berada dibawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD)

5. PDDikti Kemendikbud

PDDIKTI adalah kepanjangan dari  Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). PDDikti merupakan kumpulan data penyelenggaraan pendidikan tinggi seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional.

Baca juga : Cara Instalasi Feeder PDDikti Lengkap Dari Awal [Terbaru]

6. SISTER Kemendikbud

SISTER merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi, yang mana SISTER ini adalah program dari Kemendikbud yang diluncurkan melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti.

7. Feeder PDDikti 

PDDikti Feeder merupakan aplikasi atau sistem yang disediakan oleh Dikti untuk Perguruan Tinggi negeri maupun swasta guna melakukan pengelolaan data perguruan tinggi. aplikasi yang digunakan untuk sinkronisasi data perguruan tinggi ke database Forlap/PDDikti. Operasionalisasi aplikasi ini ditangani langsung oleh masing-masing perguruan tinggi.

8. Ban-PT

BAN-PT kepanjangan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kemendikbud Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan “Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi”, dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi.

9. Sapto 

SAPTO akronim dari Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online adalah sistem yang diselenggarakan BAN-PT untuk proses akreditasi perguruan tinggi secara online. Dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi.

Baca juga : Cara Pemanfaatan APT 3.0 Dalam SAPTO Dengan 9 Kriteria

10. LLDIKTI

LLDIKTI kepanjangan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi yang dipimpin oleh pejabat Eselon II yaitu seorang Kepala dibantu oleh Sekretaris, dan dalam melaksanakan tugas kedudukannya bertanggung jawab kepada Menteri Kemendikbud Dikti.

LLDIKTI memiliki tugas melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah tertentu. Dalam melaksanakan tugas fasilitasi peningkatan mutu tersebut, LLDIKTI memiliki fungsi-fungsi yang meliputi :

  • Melaksanakan pemetaan mutu Pendidikan tinggi.
  • Melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan Pendidikan tinggi.
  • Melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu pengelolaan perguruan tinggi.
  • Melaksanakan fasilitasi kesiapan perguruan tinggi dalam penjaminan mutu eksternal.
  • Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu perguruan tinggi.
  • Mengelola data dan informasi di bidang mutu Pendidikan tinggi.
  • Melaksanakan administrasi LLDIKTI.

11. SIGAP PDDikti

SIGAP PDDikti Sistem Informasi Jaringan Pengelola PDDIKTI (SIGAP) merupakan inovasi dalam layanan Pusdatin Kemendikbud berbasis TIK untuk mempermudah koordinasi dan peningkatan layanan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

12. PDDikti Mobile

PDDikti Mobile merupakan aplikasi besutan Pusat Data dan Informasi Kemendikbud berfungsi untuk pencarian data perguruan tinggi sebagai rujukan informasi perguruan tinggi dan memberikan kemudahan bagi para pengguna –khususnya bagi calon mahasiswa– yang ingin mengakses informasi data seputar perguruan tinggi dimanapun dan kapanpun.

13. Kip Kuliah

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah adalah jaminan negara mengenai keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup bulanan, yang diberikan bagi mahasiswa yang memenuhi syarat ekonomi dan akademik.

14. Spada Kemendikbud

Sistem Pembelajaran Daring atau SPADA adalah implementasi Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu.

Baca juga : Cegah Corona, Beberapa Kampus Ternama Gunakan EdLink Untuk Kuliah Online

15. Simlitabmas Kemendikbud

Simlitabmas kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Sistem ini untuk memberikan kemudahan untuk perguruan tinggi untuk mengelola kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

16. Sinta Kemendikbud

Sinta merupakan singkatan dari science dan technology index, merupakan website yang mencatat semua sitasi penelitian seorang dosen. Sumber data yang diambil hasil sitasi itu dari google scholar dan indexing scopus. Jadi jika anda seorang dosen belum mendaftar silahkan mendaftar, tetapi pendaftaran tidak dapat dilakukan setiap saat. Menunggu dibuka oleh admin sinta.

17. Arjuna Kemendikbud

Arjuna merupakan singkatan dari akreditasi jurnal nasional. Pada website ini berisi tentang bagaimana tata cara, syarat dan jurnal-jurnal yang terakreditasi oleh Ditjen Dikti.

18. Garuda Kemendikbud

Garuda singkatan dari gerbang rujukan digital merupakan sumber untuk mencari jurnal bagi para dosen dan peneliti. Saat ini artikel yang ada di databases garuda sebanyak 560.000 dan 5000 jenis jurnal.

Itulah beberapa daftar singkatan-singkatan program di Kemendikbud, semoga rekan-rekan civitas kampus mengetahui dan lebih paham tentang program-program dari Kemendikbud. Yuk dukung pengembangan digitalisasi kampus Anda dengan siAkad Cloud

Bagikan artikel ini

Komentar