7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 24 May 2023

Cara Cek Kategori Jurnal Nasional dan Internasional yang Diakui Kemendikbudristek

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Publikasi ilmiah merupakan bagian penting dari dunia akademik. Apalagi, perguruan tinggi  kini semakin gencar menghasilkan publikasi ilmiah untuk meningkatkan kualitas mereka. Sayangnya, diantara kita banyak yang tidak mengetahui cara mengecek kategori jurnal nasional dan internasional yang diakui Kemendikbudristek. Untuk itu, pada artikel ini akan kita bahas lebih lanjut.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita  kenali terlebih dahulu apa itu jurnal nasional dan internasional. Sehingga, dengan cara ini kita dapat terhindar dari jurnal predator atau jurnal dengan kualitas yang meragukan.

Baca juga: 5 Cara Publikasi Jurnal Scopus Agar Cepat Terbit

Apa Kriteria Jurnal Nasional?

Dari laman pak.kemdikbud.go.id, berdasarkan Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen Tahun 2019, Jurnal Nasional adalah majalah ilmiah yang memenuhi kriteria sebagai berikut.

  1. Karya ilmiah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika akademik.
  2. Memiliki ISSN.
  3. Memiliki terbitan versi online.
  4. Bertujuan menampung/mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah dan atau konsep ilmiah berkenaan disiplin ilmu tertentu.
  5. Ditujukan kepada masyarakat ilmiah/peneliti yang mempunyai disiplin-disiplin keilmuan yang relevan.
  6. Diterbitkan oleh Penerbit/Badan Ilmiah/Organisasi Profesi/Organisasi Keilmuan/Perguruan Tinggi dengan unit-unitnya.
  7. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris dengan abstrak dalam Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris.
  8. Memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari paling sedikit 2 (dua) institusi yang berbeda.
  9. Mempunyai dewan redaksi/editor yang terdiri dari para ahli dalam bidangnya dan berasal dari paling sedikit 2 (dua) institusi yang berbeda.
  10. Angka kredit setiap karya ilmiah maksimal 10 (sepuluh).

Jika jurnal Anda memenuhi syarat di atas,  maka jurnal Anda termasuk pada jurnal nasional.  Lalu, bagaimana cara cek kategori jurnal nasional?

Dalam praktiknya, berdasarkan ragam dari kelompok Jurnal Nasional di PO PAK, Jurnal Nasional terdiri dari Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 3 , atau peringkat 4, atau peringkat  5,  atau peringkat 6, atau Jurnal Nasional di luar Peringkat. Sementara Jurnal Nasional Terakreditasi terdiri dari Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat Akreditasi 1 atau peringkat 2, atau Jurnal Nasional Terakreditasi Dikti.

Cara Cek Kategori Jurnal Nasional

Memeriksa suatu jurnal termasuk kategori nasional atau tidak kamu bisa mengeceknya di SINTA.  Singkatnya, jurnal yang terindeks SINTA masuk pada kategori nasional. Adapun cara cek kategori jurnal nasional sebagai berikut.

  1. Kunjungi website https://sinta.kemdikbud.go.id/.
  2. Pilih menu Sources > Journals.
  3. Masukkan nama jurnal yang akan dicek.
  4. Hasil cek kategori akan muncul bersama riwayat jurnal lainnya.

Setelah hasil keluar, Anda dapat melihat kategori jurnal, ISSN, Subject area serta daftar karya ilmiah yang telah dipublikasi.  

Selanjutnya, marilah kita mengenal lebih lanjut terkait  jurnal internasional serta cara cek kategorinya. Ini akan sangat berfungsi saat Anda akan membuat karya ilmiah internasional.

Apa Kriteria Jurnal Internasional?

Sama halnya dengan jurnal nasional yang mengacu pada  Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen Tahun 2019, adapun jurnal internasional yang berkualitas harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika
  2. Memiliki ISSN.
  3. Ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok).
  4. Memiliki terbitan versi online.
  5. Dewan Redaksi (Editorial Board) adalah pakar di bidangnya paling sedikit berasal dari 4 (empat) negara,
  6. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam 1 (satu) nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari  2 (dua)  negara.
  7. Alamat jurnal dapat ditelusuri daring.
  8. Editor Boards dari Jurnal dapat ditelusuri daring dan tidak ada perbedaan antara editor yang tercantum di edisi cetak dan edisi daring.
  9. Proses review dilakukan dengan baik dan benar.
  10. Jumlah artikel setiap penerbitan adalah wajar dan format tampilan setiap terbitan tidak berubah ubah.
  11. Tidak pernah diketemukan sebagai jurnal yang tidak bereputasi atau jurnal meragukan oleh Ditjen Dikti/Ditjen Sumber Daya dan Iptek atau tidak terdapat pada daftar jurnal/penerbit kategori yang diragukan.

Indikator lainnya untuk jurnal internasional yaitu diterbitkan oleh Perguruan Tinggi atau Penerbit (Publisher) kredibel atau asosiasi profesi internasional bereputasi, dan terindeks oleh basis data internasional yang bereputasi (contoh: Web of Science atau Scopus) dengan nilai SJR jurnal yang sama atau kurang dari 0,1 atau memiliki JIF WoS kurang dari 0,05.

Baca juga: 6 Tingkatan Jurnal Sinta (Terakreditasi), Dosen Wajib Tahu!

Cara Cek Jurnal Internasional

Pada jurnal internasional, salah satu cara untuk mengetahui reputasi jurnal dapat diketahui di Scopus. Jika hanya melakukan pengecekkan reputasi, Anda tidak perlu login dengan akun berlangganan. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi laman https://www.scopus.com, lalu temukan Sources di bagian atas.
  2. Pilih salah satu informasi yang akan diinput, seperti Subject area, Title, Publisher dan ISSN.
  3. Hasil pencarian Anda akan muncul beberapa saat.

Mudah, bukan? Sebagai akademisi kita wajib mengetahui cara mengecek kategori jurnal nasional dan Internasional yang diakui Kemendikbudristek. Ini sangat penting bagi peneliti yang sekaligus pendidik. Selain untuk menuntaskan kewajiban Tridharma perguruan tinggi, penelitian juga memberikan dampak untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat.  Semakin banyak karya ilmiah disitasi maka akan semakin bermanfaat serta dapat mengundang penelitian lainnya.

 

Gambar: Canva.com

Tags:

Cek jurnal

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×