Dunia Kampus | kemendikbud | Seputar Pendidikan

Siap Jadi Perguruan Tinggi Terbaik dalam Pembelajaran Daring, Lakukan Ini!

SEVIMA.COM – Siap jadi kampus terbaik dalam bidang pelaksanaan pembelajaran daring 2021? Segera lakukan pelaporan Pembelajaran Daring tahun 2021 untuk Klaterisasi Perguruan Tinggi Kemendikbud-Ristek.

Klaterisasi Perguruan Tinggi Bidang Pembelajaran Daring 2021

Baru-baru ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi saat ini sedang melakukan program Klasterisasi Perguruan Tinggi Bidang Pembelajaran Daring pada tahun 2021.

Untuk itu dihimbau kepada seluruh Pimpinan Perguruan Tinggi agar dapat melaporkan kegiatan pada bidang Pembelajaran Daring dengan cara mengisi kuesioner pada Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia dan mengintegrasikan Learning Management System (LMS) PT dengan SPADA Indonesia (integrasi sementara baru mendukung LMS dengan platform moodle).

Namun untuk perguruan tinggi yang LMSnya belum terintegrasi atau tidak menggunakan LMS dengan platform moodle, perguruan tinggi dimohon membuatkan akun khusus agar pihak Kemendikbud-Ristek dapat melakukan penilaian terhadap pembelajaran daring di LMS Perguruan Tinggi. Akun tersebut dapat diisikan pada laman SPADA Indonesia.

Baca juga : Panduan Memilih LMS untuk Perkuliahan Online di Perguruan Tinggi

Siapa yang Megisikan Kuesioner Pembelajaran Daring 2021?

Untuk mengukur kinerja penyelenggaraan Pembelajaran Daring di perguruan tinggi, kuesioner dapat diisi oleh Dosen, Admin Pembelajaran Daring PT, dan Mahasiswa. Adapun ketentuan pengisian kuesioner adalah sebagai berikut:

1. Dosen, Admin Pembelajaran Daring PT, dan Mahasiswa harus sudah terdaftar pada SPADA Indonesia (https://spada.kemdikbud.go.id). Jika belum terdaftar, maka silakan mendaftar terlebih dahulu dengan ketentuan email akun di SPADA Indonesia sama dengan email di LMS PT.
2. Dosen dan Mahasiswa harus sudah terdaftar pada PDDIKTI.
3. Dosen, Admin Pembelajaran Daring PT, dan Mahasiswa mengisi kuesioner sesuai dengan data dan kondisi perguruan tinggi saat ini.
4. Kuesioner dapat diisi sampai dengan tanggal 30 Juli 2021

Berkaitan dengan hal tersebut dengan adanya program ini, Kemendikbud-Ristek menghimbau kepada Pimpinan Perguruan Tinggi dapat menindaklanjuti pelaksanaan pelaporan tersebut agar terlaksananya program klasterisasi khususnya bidang Pembelajaran Daring tahun 2021.

Untuk surat resmi himbauan dari Kemendikbud-Ristek bisa Anda cek disini: Klaterisasi Perguruan Tinggi Bidang Pembelajaran Daring 2021. Nah, itulah pembahasan terkait apa yang harus dilakukan untuk menjadi perguruan tinggi terbaik dalam pembelajaran Daring 2021.

Bagi kampus yang baru memulai penggunaan LMS di kampusnya, Anda bisa mencoba LMS yang banyak direkomedasikan untuk perguruan tinggi di Indonesia yaitu SEVIMA EdLink, sebuah LMS yang memang diperuntukkan untuk perkuliahan di Indonesia guna membantu pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik dan mudah dengan mengandalkan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. edlink.id

Bagikan artikel ini

Komentar