5 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Diskusi bersama Pelaporan ke PDDIKTI via Neofeeder 2.3.0 Terbaru Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 24 Nov 2023

MOOC Mudahkan Perguruan Tinggi dapat Memaksimalkan Pembelajaran Interaktif

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Kehadiran Massive Online Open Courses (MOOC) telah membuka kesempatan akses pendidikan berkualitas kepada mahasiswa guna menunjang optimalisasi proses belajar mengajar. Layanan MOOC dapat menjadi solusi e-learning yang efektif yang tidak terikat tempat dan waktu. Dengan begitu mahasiswa dapat memaksimalkan pembelajaran sesuai kebutuhan. 

Implementasi MOOC memaksimalkan peran teknologi untuk mengadakan perkuliahan daring tanpa membatasi waktu mahasiswa. Artinya,  mahasiswa yang sedang tidak dapat mengikuti perkuliahan tetap dapat melaksanakan perjalanan. 

Metode pembelajaran menggunakan MOOC telah merevolusi dunia pendidikan. Di masa yang akan datang, MOOC diharapkan memotivasi mahasiswa dalam menggali pengetahuan melalui perkuliahan daring. Lalu seperti apa keunggulan MOOC pada pembelajaran mahasiswa? Simak pada ulasan di bawah ini. 

MOOC, Program Pendidikan Terbuka Permudah Akses Pembelajaran

Berdasarkan informasi dari McGill University, MOOC sebenarnya bukan sesuatu yang baru dan sudah ada sejak tahun 2008. Pada saat itu terdapat sebuah kursus online dan offline yang diadakan oleh Stephen Downes dan George Siemens. Kursus yang diadakan secara offline tersebut mendapatkan 25 peserta, namun pendaftar online membludak hingga 2.300 orang. 

MOOC adalah

Contoh MOOC The University of Sydney

Misalnya saja di The University of Sydney. Kampus ini sudah menerapkan MOOC dalam sistem pembelajarannya dan menyediakan kursus untuk materi hingga kompleks. 

Melalui model MOOC ini, kampus bisa lebih banyak menjaring peserta. Oleh sebab itu kini berbagai perguruan tinggi mulai mengadopsi MOOC. Perlu diketahui bahwa model kursus dengan MOOC ini ternyata juga sudah diadopsi oleh perguruan tinggi di Indonesia. Misalnya saja Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, dan masih banyak lagi. 

Tidak hanya berguna mahasiswa, MOOC juga memiliki berbagai manfaat untuk perguruan tinggi. Apa saja? Berikut ulasannya. 

Baca juga: Platform Pembelajaran yang Memenuhi SN-DIKTI dan Dapat Meningkat Penilaian IAPT

Manfaat MOOC di Perguruan Tinggi 

1. Peluang Mendapatkan Peserta Lebih Banyak

Melalui MOOC, perguruan tinggi dapat menawarkan pembelajaran dengan harga yang lebih terjangkau. Tak hanya itu, MOOC juga bisa memberikan akses gratis  kepada mahasiswa maupun masyarakat. Penawaran akses yang murah dan mudah serta dapat diikuti secara daring inilah yang dapat menjaring lebih banyak peserta untuk mengikuti course ini dibanding kelas reguler.

2. Dosen Mengembangkan Materi dengan Low Effort

Dalam sistem pembelajaran konvensional, dosen mengajar untuk satu materi di dalam kelas. Pada implementasi MOOC, dosen dapat menyuguhkan satu materi yang dapat diakses tanpa batas oleh user atau mahasiswa.

Keunggulan ini akan memberikan value bahwa mahasiswa dapat mengakses materi di mana saja tanpa terkendala akses pembelajaran langsung di kelas. Melalui course juga, mahasiswa dapat mengatur waktu belajar. Sehingga dosen dapat mengembangkan materi timeless yang memberikan manfaat lebih banyak.

3. Menunjang Akreditasi

Implementasi MOOCs akan menghadirkan inovasi baru di perguruan tinggi, salah satunya untuk menghadirkan proses pembelajaran yang interaktif. Meski dilaksanakan secara daring, MOOCs didesain agar mahasiswa dapat berinteraksi dengan dosen pemberi materi sehingga bisa menunjang perkuliahan yang lebih efektif. 

Hal ini diatur dalam Kemendikbudristek melalui Permendikbud No.3 Tahun 2023 Mengenai Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mengamanatkan bahwa kegiatan perkuliahan harus dilaksanakan secara interaktif. 

Melalui e-learning MOOC, dosen dapat mendorong mahasiswa untuk membangun pengetahuan secara mandiri dan terarah. Peran dosen pada implementasi e-learning akan memberi peran sebagai perancang, pemantik, fasilitator, hingga motivator. 

Baca juga: Pengguna EdLink Jadi 10 Besar LMS Teraktif di Indonesia, Bukti SEVIMA Bawa Pemerataan Transformasi Digital

MOOC dapat menjadi upaya perguruan tinggi dalam menjalankan pembelajaran guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi terbaru perguruan tinggi dan sistem informasi akademik dapat mengunjungi SEVIMA.COM.  

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

Artikel Sebelumnya Webinar: Strategi Sukses Peningkatan Efektifitas Tata Kelola Keuangan Perguruan Tinggi Artikel Selanjutnya Webinar: Sukses Pelaporan dan Pendataan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di SIERRA dan PDDIKTI
×