#revolutionizeEducation | Dunia Kampus | Regulasi Pendidikan Tinggi | Seputar Pendidikan

SEVIMA EdLink Terintegrasi dengan SPADA Indonesia

SEVIMA.COM – Kemendikbud Ristek resmi mengumumkan agar perguruan tinggi di Indonesia melaporkan kegiatan pada pembelajaran daring dengan mengisi Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia.  Kegiatan ini sangat penting untuk merangsang semangat perguruan tinggi untuk memanfaatkan metode pembelajaran daring. Sehingga Dirjen Dikti bisa melakukan tracking perguruan tinggi yang sudah melakukan pembelajaran daring ini. 

Sebenarnya apa sih SPADA Indonesia itu? SPADA Indonesia merupakan sebuah program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek yang berfungsi untuk meningkatkan pemerataan akses pendidikan berbasis teknologi di perguruan tinggi. 

Tertera dalam laman spada.kemdikbud.go.id, Kemendikbud Ristek menganjurkan kampus menggunakan SPADA dengan tujuan agar pelaksanaan klasterisasi perguruan tinggi di lingkungan Kemendikbudristek bisa berjalan dengan lancar. Disamping itu, adanya SPADA ini sebagai booster bagi perguruan tinggi untuk memanfaatkan pembelajaran metode daring. Yang mana metode ini digunakan sebagai salah satu indikator pemeringkatan perguruan tinggi. 

Melalui SPADA, Tim Penjamin Mutu dari Direktorat Pembelajaran bisa ikut menyeleksi kualitas mata kuliah yang ditawarkan oleh perguruan tinggi. Sehingga pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia bisa terselesaikan dengan cepat. 

Baca juga: Kemendikbudristek Adakan SPADA Award, Untuk Apresiasi Civitas Kampus

Namun, apa yang terjadi jika kampus tidak terintegrasi dengan SPADA? Salah satu dampaknya adalah kualitas pendidikan di kampus tidak dapat dinilai oleh Kemendikbud. Kemendikbud akan kesulitan memantau perkembangan kualitas pendidikan pada setiap kampus. Melalui SPADA inilah semua kebutuhan penilaian bisa ter-record secara detail. 

Perlu diketahui juga, bahwa proses penilaian ini sangat mempengaruhi pemeringkatan perguruan tinggi. Jadi bisa disimpulkan, jika perguruan tinggi tidak segera melakukan integrasi dengan SPADA, maka akan berdampak pada pemeringkatan perguruan tinggi. 

Manfaat SPADA Indonesia bagi Perguruan Tinggi

Adanya SPADA Indonesia ini diharapkan bisa membantu perguruan tinggi melakukan pembelajaran online dengan mudah. Untuk lebih mempermudah perguruan tinggi, kampus diharapkan mengintegrasi SPADA dengan Learning Management System (LMS) di perguruan tinggi.  Nah, tujuannya agar seluruh proses pembelajaran dengan LMS bisa tercatat dengan maksimal. Meskipun pembelajaran dilakukan dari jarak jauh tapi semua bisa terpantau. 

Tak hanya itu saja, SPADA ini juga akan berdampak pada pemeringkatan perguruan tinggi. Jika perguruan tinggi berhasil mendapatkan pemeringkatan bagus, maka secara tidak langsung perguruan tinggi tersebut memiliki kualitas yang baik pula. 

Kabar baiknya! SEVIMA edLink, sebagai salah satu LMS di Indonesia, kini telah terintegrasi dengan SPADA Indonesia. Peningkatan pelayanan edLink ini bertujuan memudahkan para pengguna untuk menjangkau pemerataan pendidikan yang lebih berkualitas. Penggunaan edLink dijamin penuh untuk memenuhi kegiatan pembelajaran sehari-hari. 

Baca juga: Laporan Rekap Pembelajaran di SEVIMA EdLink Untuk Laporan di SPADA Indonesia

Bagaimana Cara Mendaftar Menjadi Bagian dari SPADA Indonesia?

Untuk para pengguna lama SEVIMA edLink akan secara otomatis terdaftar di SPADA Indonesia. Perguruan tinggi tidak perlu repot untuk mendaftar karena seluruh kebutuhan sudah dibantu oleh tim. 

Namun, bagi kampus yang baru bergabung dengan SEVIMA edLink tak perlu khawatir. Tim SEVIMA akan membantu seluruh proses pendaftaran pada SPADA Indonesia. 

Gambar 1. Daftar kampus yang sudah melakukan integrasi dengan SPADA Indonesia

Untuk melihat detail kampus yang sudah terdaftar di SPADA, Anda bisa melakukan pengecekan pada halaman ini. Di laman ini Anda juga bisa mengecek prosentase kampus Anda saat menggunakan SPADA Indonesia. Wah, mudah sekali bukan?

Ini menjadi sebuah bukti bahwa edLink siap membantu perguruan tinggi melakukan pemerataan pendidikan tinggi. Tak hanya pemerataan, edLink juga memberi kemudahan para pengguna untuk melakukan layanan terbaiknya. 

Jadi kapan Anda ingin beralih menggunakan layanan edLink seperti yang lain? Yuk segera manfaatkan layanan edLink untuk kegiatan belajar mengajar. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar