Mengenal Cyber University, Pendidikan Canggih

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Februari 21, 2018

SEVIMA.CO.ID – Di era yang serba digital ini dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi berlomba-lomba menjadikan kampusnya berbasis teknologi. Sudah banyak perguruan tinggi di Indonesia yang mewujudkannya. Hal itu dilakukan sekaligus untuk mewujudkan upaya perguruan tinggi tersebut untuk menyandang status ‘world class university’.

Cyber University atau Cyber Campus ini sebelumnya juga sudah lama di singgung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam pembukaan acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenristekdikti 2018 lalu, pak mentri pun berharap kepada universitas tanggap terhadap menghadapi era digital.

Baca: 5 Kebijakan Kemenristek Dikti untuk Pendidikan Tinggi Hadapi Era Digital

Untuk mewujudkan Cyber Campus ini tentu butuh pengorbanan untuk menyandang status tersebut. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak kampus atau perguruan tinggi. Segala upaya tersebut akan mengacu pada bentuk Cyber Campus.

Apa itu Cyber Campus?

Cyber Campus adalah bentuk upaya untuk menjadikan kampus tersebut berbasis teknologi informasi. Usaha tersebut diterapkan di semua lini. Mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, pelayanan, fasilitas, maupun sarana dan prasarana lainnya. itu semua dikembangkan dengan berbasis teknologi.

Hal itu bisa dilihat misalkan pada sistem pembelajaran. Seperti yang kita telah ketahui yaitu penggunaan power point dalam hal presentasi di depan kelas. Dan presentasi tersebut juga didukung dengan penggunaan layar LCD. Sehingga presentasi di depan kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Selain itu juga bisa kita jumpai pada hal lainnya seperti pembuatan situs kampus (website). Disana mahasiswa bisa melihat informasi yang berkaitan dengan kampusnya.

Juga ada Sistem Informasi Akademik atau disingkat dengan SIAKAD. Pada sistem ini mahasiswa bisa menginput KRS online jadi dapat melakukan KRS dimana pun berada. Walaupun sedang berada di kampung halaman tetap bisa menginputnya. Disamping menginput KRS, mahasiswa juga bisa melihat KHS atau mengecek presensinya.

Dalam hal pembayaran pun juga sudah dapat dilakukan secara online, seperti pembayaran lewat ATM maupun mobile banking atau channel apapun, intinya dengan danya Cyber Campus ini akan memudahkan civitas kampus terutama mahasiswa dan manajemen.

Ada lagi yang perlu dipenuhi dalam mengimplemntasian Cyber Campus, yaitu dalam hal pembelajaran juga menerapkan e-learning. Materi-materi pembelajaran bisa dengan mudah diakses oleh mahasiswa. Sarana e-learning akan membantu mengakomodir pembelajaran jarak jauh serta membuat mahasiswa tidak lagi merasa malu untuk mengutarakan pertanyaannya karena bisa langsung ditanyakan di e-learning tersebut.

Secara keseluruhan dunia kampus terlihat lebih modern dan maju. Karena menerapkan sistem berbasis teknologi dan informasi. Kampus terasa lebih canggih.

Namun dibalik itu semua tentu tetap akan menghadapi kendala dalam penerapannya. Itu semua tidak semerta-merta akan berjalan dengan mulus, terkadang ada permasalahan yang muncul.

SEVIMA sebagai konsultan IT yang telah berpengalam dalam mendapingi perguruan tinggi untuk menuju cyber kampus ini siap membantu anda. Bisa anda pastikan di portofolio kami, sudah banyak sekali kampus yang telah merasakan kemudahan dengan adanya sistem informasi manajemen yang membantu universitas menuju Cyber Campus.

Kampus anda bisa memulainya dengan mengembangkan sistem informasi akademik yang handal, tanpa harus menyipakan insfrastrukur kampus anda langung dapat mempunyai sistem informasi yang membantu menuju ke Cyber Campus, anda bisa lihat manfaat apa saja yang di dapat disini: siAkadCloud.com

SEVIMA : Take IT Easy

Komentar