SEVIMA QA Lite, Solusi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (Internal Beres, Akreditasi Sukses)

Bagikan ke :      
Diposting oleh | April 30, 2018

SEVIMA.CO.ID – Sistem penjaminan mutu perguruan tinggi merupakan program sistemik yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berdasarakan undang-undang no. 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi dan permendikbud no. 50 tahun 2014 tentang sistem Penjaminan mutu pendidikan tinggi, penjaminan mutu pendidikan tinggi terdiri dari sistem penjaminan mutu internal dan sistem penjaminan mutu eksternal (akreditasi). Keduanya dilaksanakan untuk menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi di Indonesia secara terencana dan berkelanjutan.

Aktifitas penjaminan mutu pendidikan tinggi wajib dilakukan secara selaras. Bukan hanya menitik beratkan pada sistem penjaminan mutu eksternal (akreditasi) saja, tetapi wajib melaksanakan sistem penjaminan mutu internal sebagai bentuk evaluasi mutu internal perguruan tinggi secara berkelanjutan. Peningkatan mutu internal perguruan tinggi dapat menjadi cerminan hasil pelaksanaan akreditasi perguruan tinggi.

Jika penjaminan mutu internal semakin baik, akan mempermudah perguruan tinggi untuk mencapai hasil akreditasi yang lebih baik pula.

Melihat pentingnya penjaminan mutu perguruan tinggi, perlu adanya suatu alat atau sistem yang mampu mempermudah proses pengukuran kinerja akademik secara berkala. Alat atau sistem tersebut akan menjadi bagian dari evaluasi peningkatan mutu secara internal yang dilakukan secara berkala dalam rangka mempersiapkan proses akreditasi perguruan tinggi. Dengan begitu, perguruan tinggi tidak akan kesulitan untuk memenuhi standar dari penjaminan mutu yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal memang merupakan otonomi masing-masing perguruan tinggi, namun akan lebih baik jika dilaksanakan mengikuti standar akreditasi yang ditetapkan pemerintah. SEVIMA menghadirkan QA Lite sebagai sistem informasi penjaminan mutu perguruan tinggi yang dapat digunakan secara GRATIS.

QA Lite merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai bagian darievaluasi peningkatan mutu internal perguruan tinggi karena dibangun berdasarkan best practice penjaminan mutu perguruan tinggi di Indonesia dan merujuk pada instrument akreditasi nasional yang diterbitkan oleh BAN-PT.

Baca Juga: Sukses Akreditasi dengan 4 Fungsi Utama SEVIMA QA Lite (1)

Selain itu, SEVIMA QA Lite menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat dengan mudah digunakan untuk mempersiapkan proses akreditasi perguruan tinggi seperti, simulasi pengisian akreditasi untuk program studi dan perguruan tinggi, inventarisasi dokumen pendukung borang akreditasi, inventarisasi data dosen dan tenaga kependidikan, serta export SAPTO BAN-PT, cetak laporan pengisian borang.

Ingin tahu beberapa fitur SEVIMA QA Lite, rekan-rekan bisa simak video singkat berikut:

SEVIMA QA Lite sudah terintegrasi dengan sistem informasi akademik yang handal yaitu SEVIMA GoFeeder. Tertarik menggunakan SEVIMA QA Lite? bisa langsung kunjungi & download di: gofeeder.sevima.com, atau langsung bergabung bersama 1000 perguruan tinggi lebih yang telah menggunakan SEVIMA GoFeeder di : https://www.facebook.com/groups/sevimagofeeder/

SEVIMA Take IT Easy

Komentar