8 Hari Lagi - Sebelum Event Executive Training SPMI & Auditor AMI: Sukses Menyusun & Menerapkan SPMI & AMI Perguruan Tinggi, untuk Wujudkan Kampus serta Prodi yang Unggul & Berkelas Dunia! Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Mahasiswa • 15 Aug 2024

Alumni Harus Mengisi Tracer Study, Bantu Perguruan Tinggi Evaluasi dan Tingkatkan Mutu Pendidikan

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Kalau pernah dengar ungkapan : cermin tidak bisa berbohong, ia menampilkan yang sebenarnya. Maka, ini seperti apa yang disampaikan oleh Aris Junaidi, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “dengan adanya tracer study perguruan tinggi berbenah, bercermin, baik input maupun output” di channel Youtube Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (10/7/20).

Dengan kata lain, semua civitas akademik, tidak terkecuali alumni, perlu memahami betapa pentingnya mengisi tracer study. Meskipun tampak sepele, tapi sebenarnya kontribusi alumni sangatlah berarti.

Sekedar informasi bagi yang masih asing dengan istilah ini, tracer study adalah alat yang digunakan perguruan tinggi untuk mengevaluasi bagaimana pendidikan yang diterima mempengaruhi perjalanan karier alumni setelah lulus. 

Baca juga : Apa Itu Tracer Study? Tujuan, Manfaat dan Peran Pentingnya bagi Kampus

Lantas, Mengapa Alumni Perlu Mengisi Tracer Study?

1. Bantu Menunaikan Kewajiban perguruan tinggi 

Tracer study adalah kewajiban bagi perguruan tinggi sesuai dengan Permendikbud No. 5 Tahun 2020 pasal 36 ayat 7, yang menyebutkan:“Perguruan tinggi yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan program studi sebagaimana dimaksud pada ayat (6) setiap tahun wajib melakukan pendataan atas penyerapan lulusan di dunia kerja setelah meluluskan Mahasiswa dan melaporkan hasil pendataan kepada Menteri melalui PDDIKTI”.

Selain itu, umpan balik dari alumni sangat membantu agar kurikulum di perguruan tinggi tetap relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Bayangkan, jika perguruan tinggi tidak mendapatkan informasi terbaru dari lulusannya. Mereka bisa saja tidak menyadari bagian-bagian dari kurikulum yang perlu diperbaiki. 

2. Dukung Proses Akreditasi

Kata “akreditasi” mungkin sudah tidak asing bagi kita semua. Biasanya, perusahaan meminta akreditasi perguruan tinggi sebagai salah satu syarat untuk melamar kerja. Tapi tahukah Anda? Partisipasi alumni dalam tracer study sangat berpengaruh terhadap akreditasi perguruan tinggi.

Dengan terpenuhinya target minimal responden tracer study, sesuai dengan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT) 3.0 dan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0, perguruan tinggi dapat memastikan bahwa data yang dikumpulkan cukup untuk memenuhi standar akreditasi tersebut. 

Alhasil, dengan pencapaian akreditasi yang didapatkan, bisa menunjukkan bahwa kualitas pendidikan yang diberikan dapat tetap terjaga dan terus ditingkatkan. 

3. Bentuk Dukungan Kepada Almamater

Mengisi tracer study adalah cara nyata untuk menunjukkan dukungan terhadap almamater. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Jika perguruan tinggi mendapatkan akreditasi yang unggul, maka dapat membangun reputasi yang baik di masyarakat. Sehingga turut memberikan ‘label’ yang baik kepada Anda sebagai alumni.

Baca juga: Tracer Study Memiliki Poin Tertinggi di Instrumen Akreditasi, Yakin Masih Abai?

Oleh karenanya, menjadi kewajiban bagi alumni untuk segera berkontribusi kepada almamater dengan meluangkan beberapa menit untuk mengisi tracer study. Setiap jawaban yang Anda berikan sangat berarti untuk memenuhi target responden dan membantu perguruan tinggi dalam mengevaluasi serta meningkatkan kualitas pendidikan.

Apabila Anda telah selesai mengisi tracer study, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Untuk membantu Anda dalam pencarian lowongan kerja dan persiapan karier, silakan kunjungi Karirlink.id ya.

Tags:

Sevima tracer study

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×