Dunia Dosen | Dunia Kampus | e-learning

Apa itu LMS dan Manfaatnya bagi Pendidikan Tinggi

SEVIMA.COMLearning Management System (LMS) pasti menjadi istilah yang tak asing di telinga para civitas akademik di perguruan tinggi. LMS ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun seiring dengan perkembangan, LMS kini lebih dikemas dengan modern dan mudah diterapkan. 

Istilah LMS kini terus dikaji untuk menghasilkan hasil terbaik di dunia pendidikan. Untuk lebih memahami penjelasan seputar LMS, Anda bisa menyimaknya di bawah ini.

Baca juga: LMS Yang Dapat Menunjang Model Blended Learning Pod Model

Apa itu LMS?

Learning Management System (LMS) merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan manajemen pendidikan. Mulai dari membuat, mendistribusikan, dan mengatur proses penyampaian materi pembelajaran. 

Proses ini akan berlangsung di sebuah perguruan tinggi. Kemudian akan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan mutu dari pendidikan tersebut. 

Apa saja manfaat dari LMS?

Ketika menerapkan LMS di dunia pendidikan, maka akan banyak manfaat yang bisa didapatkan. Terutama bagi dosen yang merencanakan kegiatan belajar mengajar, LMS ini sangat berpengaruh besar.

Sistem LMS sangat memudahkan dosen untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas perkuliahan, mengelola nilai, rekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi dan juga melakukan kuis. 

Berikut merupakan penjelasan detail seputar manfaat dari LMS tersebut, antara lain.

1. Penjelasan materi dilakukan secara virtual

Penjelasan materi pada LMS akan memanfaatkan fitur secara virtual. Fitur secara virtual ini akan merekam kegiatan yang dilakukan di dalam kelas. Biasanya dilakukan secara live saat mahasiswa mengikuti kegiatan perkuliahan tersebut. 

2. Bahan ajar bisa diberikan dengan berbagai format file

Untuk lebih mudah diakses oleh mahasiswa, dosen bisa mengunggah bahan ajar dari berbagai format. Mulai dari PDF,PPT,DOC,XLS,JPG dan juga MP4. dengan begitu dosen lebih mudah menyampaikan materi yang akan dibagi ke mahasiswa. 

 Baca juga: Bagaimana Fitur EdLink Bisa Menunjang Metode Blended Learning Lab rotation

3. Pemberian tugas lebih mudah didistribusikan

Agar lebih mudah, dosen bisa memanfaatkan LMS ini sebagai tools untuk mendistribusikan tugas. Bahkan dengan menggunakan LMS ini juga sudah disediakan tempat pengumpulan tugas. Jadi semua tugas bisa lebih tersimpan dengan baik. 

4. Lebih mudah melakukan analisa perkembangan belajar mahasiswa

Dosen tak hanya bisa memantau proses distribusi tugas saja, namun juga bisa menganalisa perkembangan belajar mahasiswa. Dosen bisa melakukan analisa tugas dan nilai yang sudah dimiliki mahasiswa. Nah, di sinilah dosen bisa memanfaatkan LMS untuk lebih mudah memanfaatkan perkembangan belajar mahasiswa. 

5. Mudah melakukan diskusi dengan mahasiswa

Dosen dan mahasiswa pun juga bisa lebih mudah melakukan diskusi dengan baik. Di LMS ini tersedia sebuah fitur yang bisa digunakan oleh dosen untuk mengajak mahasiswa diskusi bersama secara online. 

Nah, itulah detail informasi seputar LMS. memang banyak sekali ya manfaat yang bisa didapatkan dari LMS ini. Tak heran jika LMS saat ini sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di tanah air. LMS seperti ini bisa Anda dapatkan di EdLink. Platform pembelajaran yang mudah dan nyaman digunakan oleh pendidikan di tanah air. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar