Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Terkait Pelaporan PDDikti

Bagikan ke :      
Diposting oleh | Juli 6, 2017
Gambar Pddikti 1

SEVIMA.COM – Sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah dalam mengontrol kualitas perguruan tinggi di Indonesia maka diharuskan untuk seluruh perguruan tinggi melakukan pelaporan secara berkala kepada pemerintah melalui sistem pelaporan PDDIKTI Feeder.

Namun ada beberapa permasalahan yang sering dialami para operator atau pertanyaa yang sering ditanyakan ke pihak PDDikti, oleh karena itu, tulisan ini akan membahas beberapa solusi yang dapat dijadikan refrensi para operator untuk menyelesaikan masalah yang sering terjadi.

Q: Bagaimana Cara Melakukan Perbaikan Data Pelaporan Lampau ?

Pelaporan data semester lampau atau perbaikan pelaporan adalah suatu mekanisme yang memungkinkan perguruan tinggi untuk melakukan penambahan, perubahan, atau perbaikan data pelaporan pada semester yang pelaporannya telah dinyatakan tutup.

Prosedur mekanisme tersebutdapat dilakukan dengan melakukan pengajuan permohonan melalui laman forlap.ristekdikti.go.id dengan ketentuan melampirkan surat persetujuan pimpinan perguruan tinggi.

Persetujuan untuk ajuan tersebut berada sepenuh di bawah wewenang Pusat Data dan Informasi IptekDikti dengan PDDIKTI sebagai bagian yang menjalankannya. Ajuan akan di proses paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak ajuan di terima oleh pusat.

Q: Hal Apa Yang Harus Dilakukan Jika Gagal Melakukan Sinkronisasi Pada PDDIKTI Feeder ? 

Gambar Pddikti 1

Proses sinkronisasi online dilakukan dengan cukup mudah dengan mengklik tombol sinkronisasi pada laman PDDIKTI Feeder sebelah sudut kanan bawah.

 Saat melakukan proses sinkronisasi tersebut maka akan dilakukan sistem akan melakukan pengecekan terhadap konektivitas jaringan komputer dan konektivitas device ke server PDDIKTI. Jika dengan status koneksi connected, maka proses sinkronisasi dapat berlangsung.

Jika koneksi terputus saat sinkronisasi berlangsung, tidak perlu kuatir data rusak atau tidak konsisten cukup lanjutkan proses sinkronisasi ulang dan sistem otomatis akan meneruskan proses sinkronisasi dari data terakhir yang berhasil dikirimkan.

Hal-hal yang biasanya menyebabkan gagal sinkronisasi :

  1. Koneksi jaringan anda bermasalah, coba beberapa jenis provider internet.
  2. Server sedang sibuk, resource terbatas menyebabkan antrian proses sinkronisasi, coba pilih waktu diluar jam-jam sibuk sinkronisasi.
  3. Masih ada validasi yang belum dicek akibat data yang kurang valid, sehingga sinkronisasi belum dapat dilakukan.

Q: Apa Itu Data Prefill ?

Data Prefill adalah data yang digunakan sebagai data awal untuk menggunakan aplikasi PDDIKTI Feeder.

Data Prefil memuat seluruh informasi tentang perguruan tinggi itu sendiri dari awal masa pelaporan EPSBED atau dari tahun 2002 sampai dengan saat ini. Data tersebut terdiri dari data mahasiswa, dosen, nilai, aktivitas mahasiswa dan pengajaran, oleh sebab itu ukuran file prefill bisa cukup besar tergantung dari jumlah mahasiswa dalam sebuah Perguruan Tinggi.

Proses Generate Prefill ini HANYA perlu dilakukan 1 (SATU) kali saja pada saat awal menginstall aplikasi feeder. Tidak disarankan melakukan Generate Prefill berkali-kali, Prefill hanya perlu digenerate ulang jika :

  1. Terjadi masalah kerusakan data di Server Feeder yang berada di Perguruan Tinggi
  2. Atau proses perpindahan server Feeder ke Komputer yang berbeda.

Untuk melaporkan perubahan data PT cukup melakukan Sinkronisasi langsung tanpa perlu mengenerate Prefill berkali-kali. Ketika Sinkronisasi sudah sukses data anda telah terbackup di Server PDDIKTI.

Q: Apa Yang Harus Dilakukan Jika Gagal Generate Data Prefil ?

Proses generate data prefil dilakukan dengan mengklik tombol generate pada laman forlap.ristekdikti.go.id yang memuat tentang data prefill. Pada saat klik tombol dilakukan maka akan ada proses antrian untuk memuat data prefill tersebut. Pada tahap ini silahkan melakukan refresh browser untuk meihat progress pembuatan data prefill tersebut, hingga prefill tersebut siap untuk di download. Jika pada saat proses klik generate data prefill tersebut terjadi kegagalan, maka perhatikan status koneksi internet pada komputer anda. Jika koneksi internet anda dalam keadaan baik baik saja, maka kemungkinan pusat sedang melakukan proses maintenance. Untuk kedua kemungkinan ini, maka silahkan lakukan proses generate ulang dengan mengikuti petunjuk yang telah disebutkan diatas.

Ukuran file prefill ini cukup besar karena mengandung data dari tahun 2002 sampai saat ini, harap gunakan fitur ini dengan bijaksana, jika memang tidak perlu melakukan Generate Prefill lebih baik gunakan Sinkronisasi. Khusus untuk PT dengan jumlah mahasiswa > 30 rb atau file prefill > 1 GigaBytes akan perlu mekanisme tuning khusus agar push data prefill bisa berjalan dengan lancar ketika dimasukkan ke Feeder PDDIKTI.

Q: Kenapa periode tidak tampil pada saat akan login? 

1. Bila pada feeder tidak muncul periode yang aktif, kemungkinan besar dikarenakan services PDDIKTIDB anda tidak jalan.
2. Untuk menjalankannya silahkan buka services.msc dengan tekan win+R key dan ketikkan services.msc

Gambar Pddikti 2
3. Cari Services yang bernama PDDIKTIDB, lalu klik Start

Gambar Pddikti 3
4. Setelah Services PDDIKTIDB berhasil dijalankan maka akan tampil seperti gambar dibawah

Gambar Pddikti 4
5. Silahkan kembali ke halaman Feeder anda maka periode yang aktif akan muncul

Gambar Pddikti 5

Q: Mengapa Ajuan Perubahan Data Mahasiswa Belum Di Proses Pusdatin ? 

Ajuan perubahan data mahasiswa (PDM) dapat dilakukan melalui laman forlap.ristekdikti.go.id. keseluruhan proses tersebut terkait proses persetujuannya berada di wewenang Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). Pusdatin hanya membantu menfasilitasi ajuan perubahan tersebut.

Q: Mengapa Ajuan Registrasi, Perubahan Data, dan Pindah Homebase Dosen Belum Di Proses Pusdatin ? 

Ajuan registrasi dosen, perubahan data dosen dan pindah homebase dosen dilakukan melalui laman forlap.ristekdikti.go.id. keseluruhan proses tersebut terkait proses persetujuannya berada di wewenang Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti. Pusdatin hanya membantu memfasilitasi proses ajuan tersebut. Source: sigap.pddikti.ristekdikti.go.id

Dapatkan kemudahan sinkronisasi data kampus Anda ke Feeder PDDikti, dengan sistem informasi berbasis cloud: cloud.sevima.com

Dapatkan penawaran menarik Sistem Informasi Akademik Terintegrasi

Khusus Untuk Anda!


Komentar