7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 27 Jun 2023

SEVIMA Platform, Platform Pendidikan Terintegrasi Berstandar Akreditasi

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Pengelolaan perguruan tinggi terdiri atas berbagai aspek yang berkaitan dengan mahasiswa, dosen, dan seluruh civitas akademik lainnya. Mulai dari penerimaan mahasiswa baru, Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Studi (KHS), Pembayaran kuliah, Kegiatan perkuliahan, Pelacakan Alumni atau Tracer Study, Kepegawaian, dan aktivitas akademik dan non-akademik lainnya. Semua aktivitas tersebut menghasilkan data yang harus dikelola dan dilaporkan.

Tuntutan digitalisasi membawa perguruan tinggi untuk mentransformasi dari pengelolaan data dalam bentuk manual menjadi tersistem dengan dukungan teknologi. Kemudahan yang diperoleh akan menjadi solusi bagi perguruan tinggi atas berbagai permasalahan terkait pengolahan data.

Baca juga: Platform Tracer Study Sesuai Dikti untuk Meningkatkan Akreditasi 

SEVIMA Platform, Platform Pendidikan Terintegrasi Berstandar Akreditasi

Kesadaran SEVIMA untuk memajukan pendidikan di Indonesia melalui kerjasama bersama perguruan tinggi untuk menghasilkan solusi atas masalah yang ditemukan. Dalam waktu 20 tahun, SEVIMA Platform  telah dipercaya lebih dari 800 perguruan tinggi untuk menghasilkan produk yang dapat menjadi solusi kemudahan dalam pengelolaan perguruan tinggi yang sudah terintegrasi berstandar akreditasi.

Sistem yang terintegrasi dan berstandar akreditasi sangat dibutuhkan untuk memudahkan perguruan tinggi dalam pelaporan. Sebagai pengguna, perguruan tinggi akan mendapatkan berbagai manfaat, diantaranya:

  • Sistem yang Efektif dan Efisien

Peralihan pengelolaan data manual menjadi sistem akan menghindari potensi kesalahan yang dilakukan akibat human error. Selain itu, operator tidak perlu lembur hingga tengah malam untuk menyelesaikan laporan. Dengan SEVIMA Platform, segala aktivitas akademik dan non-akademik dapat dikelola dalam satu platform.

  • Sistem Terintegrasi

Setiap pelaporan membutuhkan data yang pada kenyataannya saling berkaitan satu sama lain. Kebutuhan data yang hampir sama dan bisa berbeda tersebut jika didukung sistem akan menjadi sangat mudah. Anda tidak perlu lagi berbagi folder excel atau khawatir data hilang atau rusak. Seluruh data sudah otomatis masuk ke sistem dan dapat diakses oleh seluruh pengguna sesuai kepentingannya.

  • Up-to-date dengan Regulasi Pemerintah

Banyaknya pelaporan dan regulasi yang sering kali berubah, sehingga SEVIMA turut hadir dan terus membuat penyesuaian untuk menghasilkan sistem yang sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi. Dengan meningkatnya pelayanan dan mutu dapat meningkatkan akreditasi dan ketertarikan mahasiswa baru.

  • Memudahkan untuk Keperluan Akreditasi

Akreditasi adalah suatu proses penilaian perguruan tinggi dan dan program hasil studi. Dibalik proses akreditasi menjadi beban dan tantangan jika menggunakan sistem yang manual. Banyak data yang harus disiapkan dan bertumpuk bahkan sampai mengganggu pelayanan kepada mahasiswa. Namun, dengan adanya sistem yang mendukung  beban administratif dapat diatasi.

SEVIMA Platform menyediakan sistem yang mendukung untuk melakukan pelaporan atau akreditasi perguruan tinggi atau prodi  karena sistem sudah mendukung untuk pelaporan ke Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).  Kemudian, SAPTO dan BAN-PT akan meninjau ulang dokumen yang diunggah pada saat pengajuan akreditasi.

Bahkan, platform yang dikembangkan oleh SEVIMA terus menyesuaikan dengan instrumen akreditasi perguruan tinggi (IAPT) dan instrumen akreditasi program studi (IAPS), jadi ketika perguruan tinggi mempersiapkan untuk akreditasi dapat mengambil semua data dan disiapkan dari sistem SEVIMA Platform. Sehingga, perguruan tinggi mendapat hasil yang maksimal untuk nilai akreditasi (unggul).

Apalagi, SEVIMA Platform juga sudah dapat mendukung penilaian sesuai dengan standar Mutu Lembaga Akreditasi Mandiri ( LAM).  Sehingga, dapat membantu perguruan tinggi untuk mencapai sukses Akreditasi Program Studi (APS).

Baca juga: Peran Penting Rektor Dalam Menyukseskan Pelaporan PDDikti

Bagaimana tertarik menggunakan SEVIMA Platform?  Kini, peralihan menjadi sistem yang terintegrasi berstandar akreditasi bukanlah sebuah pilihan namun keharusan. Dengan diimplementasikannya sistem ini di perguruan tinggi Anda akan  memudahkan proses pengelolaan data yang efisien, efektif dan praktis.

 

Gambar: Canva.com

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×