siAkad Cloud | Solusi SEVIMA | Teknologi

Berkenalan Dengan SaaS Untuk Perguruan Tinggi

SEVIMA.COM – Tahu gak, sebenarnya saat ini Anda telah terhubung dengan banyak software atau aplikasi yang memanfaatkan teknologi berbasis cloud atau yang biasa dikenal dengan SaaS. SaaS adalah singkatan dari Software as a Service yang memudahkan Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk mengenal lebih jauh mengenai SaaS.

Namun sebagian orang mungkin belum terlalu paham dengan apa itu SaaS. Tanpa disadari, saas sangatlah akrab dengan kehidupan sehari-hari, misalnya Microsoft Office, Google Docs, dan lain sebagainya yang hanya membutuhkan beberapa sentuhan pada smartphone atau klik pada PC dan laptop.

Baca juga : Perguruan Tinggi Bisa Lebih Hemat Lewat Teknologi Cloud

Apa itu SaaS?

Software as a Service adalah perangkat lunak yang bisa digunakan dan diakses melalui internet tanpa harus melakukan pembelian program atau sistem, serta perangkat keras. Karena berada pada server dengan basis cloud, Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak jika ingin menggunakannya atau melakukan pembaharuan sistem.

Untuk mengakses dan menggunakan saas, yang Anda butuhkan hanyalah internet. Penyedia layanan juga sudah menjamin ketersediaan dan reliabilitas aplikasi, sehingga sebagai pengguna, Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus mengeluarkan biaya investasi atau membeli lisensi yang relatif mahal.

Jenis Cloud Computing

SaaS merupakan salah satu dari tiga jenis layanan Cloud Computing yang umum ditawarkan oleh penyedia layanan Cloud. Tiga jenis layanan itu adalah SaaS (Software as a Service), PaaS (Platform as a Service), IaaS (Infrastructure as a Service). Yuk kita bahas lebih detail.

1. Software as a Service (SaaS)

Software as a Service (SaaS), layanan Cloud pada jenis ini disediakan dalam bentuk perangkat lunak. Contoh dari SaaS adalah Google Apps (Docs, Spreadsheet, dll), Office 365, dan Adobe Creative Cloud.

Pada Layanan SaaS pengguna layanan hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus mengerti dan mengurus bagaimana data disimpan atau bagaimana aplikasi tersebut di maintenance, karena hal tersebut merupakan service yang disediakan penyedia layanan.

Baca juga : Lebih Murah Bikin Server di Kampus atau Layanan GoFeeder Cloud?

2. Platform as a Service (PaaS)

Platform as a Service (PaaS), layanan Cloud pada jenis ini disediakan dalam bentuk platform yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk membuat aplikasi diatasnya. Contoh PaaS adalah Amazon Web Service, Microsoft Azure, Facebook, dll. Hal-hal yang dapat dilakukan pengguna layanan PaaS adalah membangun aplikasi, upload aplikasi, testing, dan mengatur konfigurasi.

3. Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastructure as a Service (IaaS), layanan Cloud jenis IaaS pada dasarnya adalah fisik kotak server dan komputer virtual. IaaS menyediakan perusahaan dengan sumber daya komputasi meliputi server, jaringan, storage dan ruang data center.

Baca juga : Tips Meyakinkan Rektor untuk Beralih ke Cloud Computing

SaaS Untuk Perguruan Tinggi

Teknologi SaaS yang kini mulai merambah di berbagai aspek, salah satunya mulai diimplementasikan dalam dunia pendidikan. Cloud cmputing SaaS memungkinkan perguruan tinggi memotong biaya pembelian hardware dan software serta menghemat biaya pengeluaran untuk merekrut tenaga IT.

Jadi, perguruan tinggi atau kampus hanya perlu membayar per bulan sesuai penggunaan dan memperoleh layanan back up data dan update software secara otomatis tanpa biaya tambahan.

Nah, salah satu Sistem Informasi Akademik yang sudah menerapkan teknologi cloud computing SaaS adalah siAkad Cloud. siAkad Cloud juga sudah menjamin keamanan dan kerahasiaan data yang disimpan di server dan telah menerapkan teknologi Disaster Recovery Center yang akan menjamin keamanan data saat kejadian yang tidak diinginkan kampus.

SiAkad Cloud menjadi solusi sistem informasi akademik ZAMAN NOW dan banyak di cari oleh perguruan tinggi di Indonesia. Ingin minta DEMO, rekan-rekan bisa langsung kunjungi: siakadcloud.com

Bagikan artikel ini

Komentar